Home

Anjing Chihuahua


15

Anjing Chihuahua merupakan jenis anjing terkecil diantara ras anjing yang ada di dunia dengan tinggi 20 cm dan berat 1 – 2,7 kg. Chihuahua mempunyai kepala yang berbentuk buah apel (apple dome) dengan kuping yang besar dan indah. Asal-usul anjing ini masih diperdebatkan, kemungkinan yang paling besar anjing ini berasal dari Mexico atau Negara Amerika Utara. Anjing imut ini memiliki raut muka yang sedang mencurigai (saucy face). Anjing ini juga tidak terlalu bawel, dia hanya menggonggong jika ketemu dengan orang asing. Chihuahua sangat cocok dipakai sebagai alarm dog. 

Sejarah

Chihuahua ditemukan di Mexico tahun 1850. Ras yang kita ketahui sekarang ini berasal dari hasil kawin silang antara anjing Toltec, anjing Chinese Crested dan anjing Techichi. Pada jaman suku Aztec, Chihuahua di pakai sebagai binatang korban. Biasanya, jika ada bangsawan dari suku Aztec yang meninggal, Chihuahua ikut di kubur bersama jenasah bangsawan tersebut. Chihuahua dipercaya dapat menuntun roh orang tersebut menuju surga.

Karakteristik

Chihuahua memiliki tubuh yang kompak dan agak sedikit panjang. Ekornya tidak dipotong (undocked) dan tidak terlalu panjang. Ekor Chihuahua biasanya melengkung ke arah punggung (tea cup tail), menunjuk ke arah kepala dan tegak lurus seperti antena. Batok kepala berbentuk buah apel (apple dome), Chihuahua yang berkualitas tinggi batok kepalanya harus apple dome. Kalau dilihat dari samping, antara batok kepala dan moncong memiliki sudut 90 derajat. Batok kepala harus berbentuk bulat jika dilihat dari depan bukan kotak. Chihuahua biasanya memiliki molera (lubang) di atas kepala pada saat lahir dan akan merapat atau hilang pada saat dewasa. Warna mata harus berwarna gelap, hidung berwarna hitam atau coklat jika warna bulunya putih atau warna muda. Kuping Chihuahua berdiri tegak dan letaknya membentuk sudut 45 derajat jika dilihat dari depan. Chihuahua tidak boleh memiliki kuping seperti kuping Miniature Pincher yang posisinya tegak lurus ke atas.

Chihuahua memiliki 2 jenis bulu; bulu pendek (smooth coat) dan bulu panjang (long coat). Keduanya boleh saling dikawinkan tidak seperti anjing Dachshund atau Fox Terrier yang tidak boleh dikawinkan jika tipe bulunya berbeda. Kadang dari perkawinan antara bulu pendek dapat menghasilkan Chihuahua bulu panjang begitu juga sebaliknya.

Karakternya sangat ingin menjaga pemiliknya, sehingga cukup protektif terhadap anjing asing. Chihuahua akan menggonggong (menyalak) jika ada orang asing atau penanda kedatangan seseorang. Chihuahua kurang senang bermain di luar rumah, cukup di dalam rumah dan tidak terlalu senang bermain ketangkasan yang terlalu berat.

Kandang

Kandang atau rumah sangat penting untuk anjing kesayangan kita, sebagai tempat berlindung, beristirahat dan kenyamanan anjing. Selain kandang, yang perlu disediakan juga adalah alas, selimut untuk tidur serta peralatan makan dan minum. Bahkan jika perlu, area untuk “membuang kotoran” juga disediakan.

Pada dasarnya, Chihuahua tidak terlalu membutuhkan tempat (area) yang luas karena tidak terlalu suka bermain atau berolahraga. Artinya, walaupun anda tinggal di rumah tipe kecil, Chihuahua tetap bisa di pelihara.

Chihuahua tidak memerlukan latihan yang berarti. Chihuahua tidak memerlukan waktu khusus untuk dibawa berlatih diluar rumah. Cukup lepaskan mereka ditempat yang aman dan mereka akan bermain. Dengan bermain seperti berlari , latihan untuk mereka sudah cukup.

Iklim di Indonesia sangat cocok untuk mereka, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Cukup berikan selimut di tempat tidur mereka dan mereka akan menyelimuti diri mereka jika perlu. Jika anda memelihara Chihuahua didalam kandang yang cukup besar, taruh kotak kardus dan selimut didalamnya. Chihuahua akan senang sekali berada didalam kotak tersebut.

Tapi, jangan membiarkannya bermain di dalam rumah tanpa kontrol dan pengawasan, karena ia gemar membuka-buka perabotan rumah. Akibatnya, anjing bisa keracunan makanan atau kemasukan benda asing. Karenanya, jika mau meninggalkan rumah, anjing tersebut dibawa atau dimasukkan ke dalam kandang.

Pakan

Pakan anjing terbagi dua jenis, pakan olahan dan pakan jadi. Pakan jadi dikenal dengan dog food yang banyak terdapat dan dijual di petshop. Sedangkan pakan olahan adalah makanan yang terbuat dari berbagai bahan makanan yang diolah sendiri oleh pemiliknya. Untuk Chihuahua, idealnya diberikan dogfood dan sekali-kali diselingi dengan pakan olahan yang kita buat sendiri. Pemberian makan cukup dua kali dalam sehari dan jumlah yang diberikan sebanyak 30 gram dog food. Hindari pemberian makanan yang berlebihan maupun camilan agar tidak mengalami masalah kegemukan (overweight).

Perawatan

Perawatan dan pengecekan kandang dengan peralatannya harus dilakukan dengan rajin. Jika tempat minum telah kosong atau kotor (kemasukan sesuatu) segera ganti dan bersihkan. Demikian juga dengan selimut dan tempat tidur, apabila telah kotor dan bau, segera diganti.

Olahraga

Akan sangat baik jika di bawa jalan-jalan dan berolahraga sekali-kali. Hal ini penting, agar anjing terbiasa dengan keramaian atau tempat umum. Namun jika belum terbiasa di tempat umum, maka cukup di halaman atau teras rumah saja.

Membersihkan tubuh dan bulu

Tipe bulu Chihuahua ada dua, tipe bulu pendek dan berbulu panjang. Perawatan bulu adalah dengan menyikat dan menyisir agar tidak kusut dan terlihat rapih. Penyikatan juga berguna untuk menghindari penyakit kulit dan kutu. Selain menyikat bulunya, jangan lupa untuk memandikannya. Memandikannya cukup sekali dalam sebulan saja, tidak perlu terlalu sering-sering.

Membersihkan Telinga dan Mata

Telinga Chihuahua mempunyai bentuk yang mengarah keatas. Karena itu, perlu dengan hati-hati untuk membersihkan telinganya. Lakukan pembersihan telinga seminggu sekali. Gunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan baby oil untuk menghilangkan kotoran telinganya. Sedangkan, untuk membersihkan mata, gunakan segumpal kapas dan dibasahi dengan air hangat. Usap secara perlahan dan lembut ke ujung mata sampai bersih. Lakukan pembersihan ini seminggu sekali.

Memotong Kuku

Gunakan pemotong kuku khusus yang ada di petshop. Cara pemotongan harap diperhatikan, yakni memotong ujung kuku dengan hati-hati. Setelah dirasakan cukup pendek, haluskan kuku dengan bantuan alat yang ada dipemotong kuku.

Membawa anjing ke Salon atau Dokter Hewan

Untuk mendapatkan perawatan yang paling baik, anda bisa mengunjungi salon hewan. Demikian juga dengan kesehatannya anda bisa melakukan check up rutin (idealnya sekali enam bulan) ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan Chihuahua kesayangan anda.

Problem dan Solusi

Kegemukan

Umumnya, banyak pemilik anjing yang terlalu sering memberikan pakan atau camilan. Pemberian makan yang berlebihan bisa berakibat anjing jadi malas, tidak banyak bergerak, lamban dan suka tidur-tiduran. Bahkan bisa mengalami kegemukan (obesitas). Untuk memastikannya, periksa tulang belakang anjing dengan merabanya. Jika hanya terasa daging, berarti anjing tersebut telah mengalami obesitas. Secara fisik juga dapat terlihat dari proporsi tubuh dan kepala yang tidak seimbang, yakni kepala kecil sedangkan tubuhnya kelihatan besar. Cara lain untuk memastikannya adalah dengan menimbangnya. Jika berat Chihuahua dewasa sudah lebih dari 3 kg, berarti anjing tersebut telah mengalami obesitas.

Keracunan

Sebagai anjing yang lebih sering berada di rumah, Chihuahua rentan keracunan karena tidak sengaja menelan atau menggigit sesuatu yang berbahaya. Beberapa benda yang dapat menyebabkan keracunan adalah cokelat, permen karet, avokad, kacang-kacangan, rempah-rempah seperti bawang, peralatan rumah tangga seperti mainan dan plastik, perhiasan, logam, kabel listrik, kotoran atau limbah rumah tangga serta produk rumah tangga berbahan kimia. Karena itu simpan baik-baik benda-benda tersebut agar tidak dapat dijangkau.

Tips dan Trik

– Mulailah melatih anak anjing saat pertama kali tiba di rumah.
– Berikan pakan yang baik dan bergizi seimbang.
– Ajak anak anjing bermain dan beraktivitas.
– Lakukan pengecekan kesehatan dan fisik anak anjing di rumah atau di dokter hewan.
– Kenalkan dan akrabkan dengan anjing lainnya yang telah dipelihara sebelumnya.
– Berikan kasih sayang kepada anak anjing dengan merawatnya sepenuh hati.

Gejala-gejala yang timbul apabila anjing akan sakit:

– Tidak mau makan atau nafsu makan berkurang
– Kesakitan saat buang air kecil
– Sulit menarik dan menghembuskan nafas
– Buang air berlebihan
– Minum yang berlebihan
– Gemetar dan lemah
– Kurang respon atau telihat lamban menerima rangsangan
– Kejang-kejang
– Menggonggong berlebihan yang tidak jelas
– Buang air yang disertai pingsan
– Buang air yang disertai keluarnya darah segar atau terlihat hitam
– Muntah darah akibat menelan benda asing (keracunan).

apabila gejala-gejala tersebut ada pada anjing kesayangan anda, maka segeralah bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: