Home

Usaha Warnet

mencari-peluang-bisnis

Kebutuhan akan internet ini sudah di perhatikan sejak lama oleh kalangan bisnis atau wirausaha. Tanpa di komando pun mereka mulai berlomba-lomba membuka fasilitas yang membeikan pelayanan jasa internet yang dalam bahasa gaulnya disebut warung internet alias Warnet.

Maraknya jumlah warnet di bebagai sudut kota di tanah air membuat persaingan bisnis ini semakin sangat ketat. Berbagai strategi di terapkan untuk menarik konsumen mulai dari discount harga, kecepatan akses hingga pelayanan tambahan lain yang di tawarkan pemilik warnet.

Sebagai langkah awal hal-hal yang perlu di perhatikan.

Lokasi

Jika memang memungkinkan rumah anda pun bisa di jadikan tempat usaha. Apa lagi jika di daerah tersebut sudah ada masuk TV Cable, sehingga anda bisa berlangganan dan memasang internet. Tapi jika anda ingin menyewa tempat, sebaiknya di gabung dengan bisnis lain seperti warung makan dan minuman. Sehingga biaya sewa pun akan lebih ringan karena anda bisa patungan dengan para pedagang makanan tersebut. Semakin strategis lokasi yang anda sewa maka semakin tinggi pula harga sewanya.

Pelanggan

Biasanya pelanggan yang datang ke warnet ini adalah mereka yang bosan menggunakan dari rumah atau mereka yang tidak memilki provider di rumah. Pelanggan dari usaha ini sebagian besar para pelajar dan mahasiswa.

Tenaga Kerja

Untuk menjalankan dan mengawasi usaha ini, anda bisa di bantu oleh satu orang pekerja yang memahami penggunaan komputer sekaligus merangkap sebagai kasir. Ada baiknya jika anda mempekerjakan saudara dari pasangan atau seseorang yang benar-benar bisa di percaya.

Modal Usaha

Harga sewa internet untuk satu jam berkisar antara Rp.2000 s/d Rp. 5000. Disini anda juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan jika warnet anda sekaligus menyediakan makanan dan minuman ringan yang biasanya sangat di butuhkan pelanggan.

Omset warnet ini juga tergantung dari lamanya pelanggan berinternet dan jumlah komputer yang di gunakan. Jika kedua hal tersebut tidak di perhatikan dan di kendalikan, bisa jadi omzet tidak memenuhi sehingga investasi akan mengalami kerugian.

Tips agar warnet laku :

  • Melengkapi fasilitas warnet dengan menyediakan printer digital, scanner, bluetooth, infra merah, dan kabel data supaya bisa juga mencetak foto dari camera digital atau HP.
  • Menyediakan jasa print dan scan, karena akan memudahkan pelanggan untuk mengerjakan tugas-tugas mereka (khususnya pelajar dan mahasiswa) sehingga mereka pun makin betah di warnet anda.
  • Memilki konsistensi dalam hal pelayanan.
  • Perangkat komputer harus terus di pelihara, di perbaiki, atau jika perlu di ganti.
  • Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, maka usahakan untuk selalu up to date per 3 bulan sekali.
  • Mengantisipasi pelanggan yan g usil untuk tidak merusak hardware atau software PC.
  • Mempekerjakan karyawan atau operator yang jujur, ramah dan mampu mengajari atau membantu dengan sabar para pelanggan baru.
  • Untuk menarik pelanggan misal pada jam-jam tertentu adakan penawaran diskon atau mungkin sekedar memberikan minuman ringan gratis.
  • Memberikan harga sewa yang relatif terjangkau bagi pelanggan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: