Home

Usaha Merangkai Bunga

merangkai bunga
Bunga tidak ada habis-habisnya di eksplorasi. Di jadikan hadiah untuk yang tersayang, atau di taruh sebagai pajangan di sudut ruangan. Dewasa ini banyak kita jumpai kios-kios penjual rangkaian bunga. Dan tampaknya usaha merangkai bunga ini merupakan salah satu jenis peluang usaha yang bisa di kerjakan oleh siapa saja. Tidak di butuhkan kemampuan yang cukup rumit untuk memulai usaha ini. Hanya ketelatenan dan keuletan untuk memasarkan bunga-bunga karya anda. Jadi, peluang usaha ini sangat terbuka lebar, tinggal bagaimana anda membuat rangkaian bunga yang menarik bagi konsumen. Ada pun bunga-bunga tersebut bisa anda peroleh dari pemasok yang sebagian bisa berasal dari Malang, Sukabumi, Bandung, bahkan dari luar negri seperti China.

Jika anda tertarik pada usaha ini, ada beberapa hal yang perlu anda pelajari.

Lokasi

Sebaiknya anda memulai usaha ini dengan menempati lokasi yang strategis. Tapi, sebagai pemula, di sarankan menyewa tempat yang memang khusus menjual rangkaian bunga. Dengan membuka usaha di lokasi yang memang sudah banyak pesaingnya, anda mempunyai keuntungan lainnya, seperti anda tidak perlu lagi repot-repot lagi mencari stok bunga segar untuk usaha ini. Karena petani bunga atau pemasok akan mendatangi anda untuk menawarkan produknya (bunga).

Pelanggan

Biasanya pelanggan untuk usaha ini sifatnya musiman, misalnya menjelang hari kasih sayang, lebaran, dan lain-lain. Pada saat itulah pelanggan akan ramai mendatangi toko bunga yang mampu menarik selera dengan harga yang terjangkau tentunya. Untuk lebih meningkatkan jumlah pelanggan, sebaiknya sebarkan brosur di perkantoran, hotel, café, rumah sakit. Selain itu buatlah katalog yang memuat foto hasil bunga karya anda dan jangan lupa mengunjungi situs-situs di internet untuk mempromosikan usaha anda ini.

Tenaga kerja

Karena usaha ini butuh keuletan dan kreativitas, maka pilihlah pekerja yang paham betul karya seni atau teknik merangkai bunga. Biasanya gaji untuk pekerja ahli tersebut sekitar Rp. 1 juta. Kalau memang dana anda terbatas, anda bisa menerapikan sistim bagi hasil atau komisi sesuai dangan rangkaian bunga yang terjual.

Modal Usaha

Modal yang harus di siapkan adalah biaya sewa tempat usaha. Biasanya biaya tersebut berkisar Rp. 5juta s/d 10 juta per tahun, tergantung dari seberapa strategis lokasi yang anda pilih. Persiapan lain yang di butuhkan untuk memulai usaha ini adalah penyediaan bahan untuk merangkai bunga, seperti pot, keranjang, papan gabus, plastik dan kertas hias, plester, bambu penyangga papan, dan aneka bahan lainnya di samping bunga segar sebagai produk utamanya.

Tips merangkai bunga :

  • Melakukan perawatan secara rutin setiap hari
  • Untuk vas, gunakan vas kaca bening agar bunga dapat terjaga kelembabannya, mudah terkena cahaya dan suhu pada bunga tetap stabil.
  • 2 hari sebelum bunga menjadi layu, sebaiknya segera lakukan pengeringan.
  • Agar kesuburan bunga bisa di pertahankan dan memperpanjang umur bunga, sebaiknya membubuhkan garam dalam air rendaman.
  • Khusus untuk bunga potong yang mengeluarkan getah dari luka potongannya, tangkainya di masukkan sejenak dalam air panas sebelum di rendam dalam air dingin atau dengan mengoleskan api lilin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: