Home

Usaha Konveksi

jahit
Khusus untuk usaha jahit- menjahit ini, sangat di butuhkan kreativitas yang tinggi. Karena pakaian meskipun bukan barang basi jika tidak terjual, tapi tetap saja memiliki masa ekonomis yang produksi. Artinya anda harus terus menerus mengubah mode pakaian aga tidak ketinggalan trend yang sedang berkembang.

Lokasi

Sebagai tahap awal, anda bisa memanfaatkan ruangan dalam ruangan anda, Tapi kalau memang dananya ada, di sarankan untuk memilih tempat yang strategis. Hal ini sekaligus bisa di manfaatkan sebagai sarana promosi, misalnya dengan memajang karya terbaik anda di etalase atau jika perlu dengan memasang plakat di depan toko.

Pelanggan

Semakin anda punya banyak kenalan dan aktif di berbagai kegiatan, seperti arisan atau pengajian bisa menjadi lahan yang cukup menguntungkan.

Untuk menarik pelanggan buatlah brosur tentang aneka produk anda dan tawarkan diskon yang berlaku dalam waktu tertentu. Dan jangan lupa untuk selau berkomunikasi dengan pelanggan mengenai kualitas jahitan atau model yang mereka kehendaki.

Tenaga Kerja

Kalau memang anda tidak bisa menjahit, anda bisa merekrut karyawan, sedangkan anda yang bertugas memasarkan hasilnya. Untuk menghemat biaya, karyawan tersebut bisa anda gaji berdasarkan komisi. Dengan perekrutan karyawan ini, anda akan mempunyai sedikit risiko karena adanya perbedaan budaya dan aktivitas serta karakter sehari-hari.

Untuk itu, alangkah baiknya jika kayawan itu hasil didikan anda sendiikarena diharapkan mereka akan mengenal cara kerja dan model yang biasa di buat serta keinginan pelanggan.

Modal Usaha

Yang pertama kali di pesiapkan adalah mesin jahit dan peralatannya yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk pakaian dan celana yang modelnya cukup sederhana, anda bisa memasang tarif sekitar Rp. 40 ribu s/d 100 ribu. Sedangkan untuk kebaya, anda bisa mematok harga mulai Rp. 100 ribu s/d 200 ribu bahkan bisa jadi lebih mahal, tergantung seberapa rumit detail dan kainnya.

Penambahan modal berupa mesin dan tenaga kerja, bisa dilakukan jika selama ini anda sudah kewalahan menerima pesanan yang masuk.

Anda bisa membagi biaya-biaya tersebut menjadi 2 bagian, yaitu :

• Biaya tetap ( biaya operasional)

Yang termasuk kedalam biaya ini adalah gaji, uang makan untuk pekerja yang bisa dihitung dengan pasti.

• Biaya variabel ( biaya produksi per unit poduk)

Yang termasuk dalam biaya ini adalah upah pekerja per poting baju, bahan baju, benang, kertas pola, dan lain-lain.

Pada dasarnya keberlangsungan usaha ini tergantung pada banyaknya pelanggan dan ketekunan anda. Layanan yang sangat baik serta memahami apa yang diinginkan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam usaha ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: