Home

Usaha Toko Kelontong

Toko Kelontong

Di toko kelontong anda bisa menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari yang harganya terjangkau. Untuk membuka usaha ini pun bisa anda lakukan di rumah dengan modal relatif kecil dan tidak membutuhkan keahlian khusus.

Untuk sukses menghadapi persaingan, anda perlu memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh pesaing anda. Dan jika perlu menyatakan nilai lebih itu kepada para pelanggan anda agar mereka merasakan dan membuktikannya.Anda bisa menjual barang-barang yang tidak ada di toko pesaing tersebut sebagai produk andalan anda tersebut dengan menyediakan layanan jasa pengantaran.

Banyak juga yang menjadi penyebab usaha kelontong ini gagal, diantaranya adalah karena pemiliknya sering kali mencampur adukkan keuangan toko dengan keuangan pribadi. Dari pada anda mencampur adukkan kebutuhan pribadi dengan uang kas toko, alangkah baiknya jika anda menggaji diri sendiri atas pengelolaan toko tersebut.

Lokasi

Lokasi adalah salah satu faktor penting yang perlu di perhatikan dalam membuka usaha. Membuka toko kelontong mungkin akan lebih cocok untuk daerah pemukiman. Karenanya lakukanlah survei untuk mencari tempat yang sesuai dengan usaha anda.

Untuk mencoba usaha ini sebaiknya di pilih lokasi yang padat penduduk dan tidak ada toko sejenis dalam radius 50 meter. Jika dananya memungkinkan, anda bisa mencari lokasi strategis lainnya.

Pelanggan

Jadi dalam hal ini alangkah baiknya jika anda melakukan identifikasi, faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan membeli dari calon konsumen. Tapi jika ternyata calon konsumen menginginkan kenyamanan dalam berbelanja, maka anda harus mempertimbangkan ruang toko dengan fasilitas misalnya AC. Perhatikan masalah harga agar minimal sama, usahakan tidak lebih mahal dari pesaing. Tapi jangan juga terlalu murah agar tidak mematikan usaha pesaing.

Perlu juga melakukan observasi kepada calon pelanggan agar tanggap dan cepat menyesuaikan diri dengan selera pelanggan. Bisa juga menambah layanan siap saji dan siap antar ,atau menerima pesanan via telepon.

Tenaga kerja

Mungkin tidak terlalu bermasalah jika anda sendiri yang mengelola usaha ini, Tapi lain ceritanya jika anda ingin mempekerjakan karyawan. Sebelum anda mempekerjakan mereka sebaiknya terlebih dahulu anda mempehatikan masalah kepribadian dan kemampuannya. Sebaiknya mempekerjakan orang-orang di sekitar anda yang dapat di percaya, seperti saudara dari pasangan.

Modal Usaha

Modal awal untuk merintis usaha ini di perkirakan sekitar Rp. 4 juta s/d 5 juta. Perinciannya adalah Rp. 4 juta untuk stok barang (modal kerja), Rp.1 juta untuk etalase, dan sisanya untuk biaya operasional lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: