Home

Usaha Kue

34.-bisnis-kue-kering-650x400
Menjelang perayaan hari raya seperti lebaran, banyak peluang usaha musiman yang dapat dijalankan. Salah satunya yaitu peluang usaha kue kering. Biasanya kue kering menjadi makanan favorit dan banyak dicari para konsumen pada saat perayaan hari raya seperti pada saat lebaran. Tradisi makanan wajib yang biasa dihidangkan pada saat lebaran, selain ketupat opor biasanya juga dihidangkan berbagai macam kue kering seperti nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, kue lidah kucing, serta aneka macam kue lainnya.

Kebiasaan masyarakat tersebut menyebabkan permintaan akan kue kering mampu meningkat tajam, bahkan hingga 200% dari permintaan pasar pada hari – hari biasa. Tingginya permintaan pasar akan kue kering biasanya dijadikan sebagai peluang untuk meraih untung dari usaha musiman tersebut.

Konsumen

Dengan tingginya permintaan konsumen akan kue kering menjelang lebaran, pelaku usaha kue kering tidak perlu susah – susah mencari konsumen. Karena hampir semua kalangan membutuhkan kue kering, dan tidak semua orang memiliki waktu ataupun kemampuan dalam membuat kue kering. Sehingga mereka lebih memilih membeli kue kering yang banyak ditemukan di pasaran, daripada harus membuatnya sendiri. Disamping konsumen rumahan, permintaan akan kue kering juga datang dari berbagai kantor yang menggunakan kue kering sebagai parcel untuk para karyawannya.

Produk

Walaupun permintaan pasar akan kue kering sangatlah tinggi, namun sebagai pelaku usaha Anda harus tetap memperhatikan kualitas produk kue kering yang anda produksi. Jika ingin menggunakan bahan tambahan seperti bahan pengawet, bahan pewarna serta bahan pemanis pilihlah bahan yang khusus untuk makanan. Sedangkan untuk pemilihan bahan baku, gunakan bahan yang berkualitas,dan jangan lupa perhatikan masa kadaluarsa bahan baku yang akan digunakan. Sehingga kue kering yang kita hasilkan aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan kesehatan para konsumen.

Selain kualitas produk, yang harus dipikirkan adalah kemasan produk yang menarik untuk menguatkan minat pada konsumen pada produk yang kita produksi. Karena biasanya hal pertama yang dilihat konsumen adalah tampilan luar atau kemasan produknya. Untuk mempercantik penampilan kue kering yang anda pasarkan, dapat menggunakan berbagai macam bentuk toples kedap udara atau bisa juga menggunakan toples mika yang ditutup rapat dengan plester transparan. Untuk menambah nilai jual, anda dapat menambahkan hiasan ataupun mencantumkan merek kue kering yang anda produksi pada kemasan.

Lokasi

Keuntungan lain usaha ini adalah anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Karena anda bisa mengerjakannya di rumah dengan memakai peralatan dapur yang sudah ada. Anda bisa saja menitip jualkan pada toko kue atau warung yang sudah ada. Jadi anda tidak usah dipusingkan dengan urusan lokasi. Tapi jika anda berniat membuka toko kue dengan menyewa tempat, sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis. Biaya sewa tempat ini bisa mencapai Rp. 1 juta, tergantung dari seberapa strategis lokasi yang anda pilih nantinya.

Pemasaran

Promosi sangat di perlukan dalam setiap usaha, khususnya usaha seperti ini. Anda bisa membuat produk secara exklusive dengan memberikan merek dan kemasan yang menarik. Pada kemasan atau pembungkus tersebut bisa juga anda mencantumkan alamat dan nomor telepon sehingga memudahkan calon pelanggan untuk memesan produk anda. Alangkah lebih baik lagi, jika anda menyediakan juga jasa layanan antar sebagai layanan tambahan. Selain itu ketepatan waktu, menjaga kebersihan dan membina hubungan baik dengan para pelanggan, merupakan modal keberhailan pemasaran usaha anda. Satu lagi yang harus anda lakukan, yaitu jangan pernah malu bertanya pada para pelanggan tentang rasa dari poduk anda. Justru dari jawaban mereka yang jujur inilah bisa di jadikan evaluasi untuk menambah kualitas rasa maupun kemasan produk.

Tawarkan produk kue kering yang Anda produksi pada rekan kantor ataupun tetangga sekitar rumah anda. Biasanya mereka akan lebih senang jika ditawari dengan cara memesan, sehingga mereka tidak perlu tenaga dan waktu untuk mencari kue kering di supermarket ataupun toko – toko roti.

Cara yang kedua yaitu tawarkan produk anda ke toko roti, supermarket, ataupun tempat jasa pembuatan parsel. Pada saat menjelang lebaran, banyak toko dan tempat pembuatan parcel yang menerima stock kue kering dalam jumlah yang cukup besar.

Cara yang ketiga yaitu menggunakan brosur dan katalog untuk menawarkan produk anda melalui para agen, dengan memberikan imbalan tertentu untuk tiap penjualan.

Cara yang keempat yaitu dengan menggunakan bantuan internet dalam memasarkan produk anda. Sehingga dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas, hingga ke berbagai daerah.

Gunakan merek pada produk anda, sehingga dapat mengenalkan dan menanamkan citra produk kue kering yang Anda produksi pada pasar.

Analisa Ekonomi

Misal sekali produksi, menghasilkan 200 toples dengan harga jual @ Rp 30.000,00

Modal awal
Oven Rp 3.000.000,00
Mixer Rp 2.000.000,00
10 Loyang @ Rp 30.000,00 Rp 300.000,00
5 Baskom @ 20.000,00 Rp 100.000,00
Kompor gas 1 tungku Rp 200.000,00
Bahan baku Rp 2.000.000,00
Kemasan Rp 1.000.000,00+
Total Rp.8.600.000,00

Pengeluaran
Bahan baku Rp 2.000.000,00
Kemasan Rp 1.000.000,00
Tenaga kerja 2 orang Rp 1.000.000,00
Listrik Rp 100.000,00
Gas elpiji Rp 14.000,00
Transport Rp 150.000,00
Promosi Rp 150.000,00+
Total Rp 4.414.000,00

Omset / produksi
( @ Rp 30.000,00 x 200 toples ) = Rp 6.000.000,00

Laba bersih / produksi
( Rp 6.000.000,00 – Rp 4.414.000,00 ) = Rp 1.586.000,00

Hambatan

Dalam memulai setiap usaha, pastilah memiliki hambatan tersendiri, seperti bisnis kue kering. Sulit membuat kreasi jenis kue baru bisa jadi merupakan hambatan untuk memulai bisnis ini.

Ditambah dengan hambatan konsumen, karena kue kering banyak disajikan saat hari raya keagamaan, tidak heran jika kemungkinan menjajakan kue kering di luar dari hari raya tersebut akan sepi pembeli. Namun, hambatan tersebut dapat dijadikan sebagai bekal untuk bisa menghadapinya. Dalam memulai suatu bisnis kita harus hadapi dengan optimistis.

Tips berbisnis makanan :

  • Pengenalan dan Penjajakan
  • Harus Enak
  • Tampilan Menarik
  • Pelayanan
  • Lakukan Promosi
  • Mengatur Keuangan
Semoga dapat memberikan ide baru bagi Anda yang ingin menjalankan usaha. Salam sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: