Home

Usaha Laundry

laundry-kiloan
Usaha laundry ini jika anda garap dengan serius, bisa menjadi suatu usaha yang menjanjikan. Jadi disini anda harus bisa memperhitungkan kebutuhan pelanggan. Dengan memberikan harga yang murah, pelayanan yang cepat dan bersih adalah kiat untuk mencari pelanggan. Kalau perlu lakukan survei ke beberapa tampat usaha cuci rumahan atau meminta brosur agar tahu harga pasarannya. Jika anda berniat untuk memperluas usaha, anda juga bisa mulai menerapkan sistem sewa, termasuk mencuci, mengeringkan, dan setrika. Tujuannya agar pelanggan merasa berada di rumah sendiri dan bisa mengontrol hasil cuciannya masing-masing. Disini anda bisa mematok harga sewa sebesar Rp.5000 per jam, diluar detergen dan pengharum pakaian yang bisa mereka bawa sendiri, atau pun membeli di tempat anda.

Meskipun usaha ini mudah di lakukan, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Untuk memulai usaha ini pemilihan lokasi tidak begitu penting dan anda bisa melakukannya di rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Yang penting anda harus gencar berpromosi sehingga orang akan tahu di mana kita membuka usaha tersebut.

Pelanggan

Pengguna jasa dari usaha ini tidak hanya datang dari kalangan menengah ke atas. Justru kebanyakan dari lingkungan mahasiswa, perumahan, atau pun tempat kos karyawan kantoran. Mungkin sebagai tahap awal, anda bisa mencari pesanan dari teman dekat atau lingkungan sekitar. Agar efektif sebarkan brosur berisi daftar harga cucian ke lingkungan sekitar. Untuk menjaring pelanggan dalam jumlah besar, anda bisa melakukan pendekatan ke hotel atau losmen terdekat. Jika mereka merasa puas, tentu anda juga yang memetik hasilnya.

Tenaga Kerja

Agar usaha anda ini berjalan maksimal, ada baiknya jika anda merekrut satu atau dua karyawan. Hal ini tergantung dari perkembangan usaha anda nantinya. Jika perlu anda bisa memberlakukan sistim kerja bergiliran, misalnya pagi dan siang. Anda bisa menggaji mereka dengan sistem bagi hasil, misalnya gaji bulanan di berikan sekitar Rp. 500 ribu kemudian anda memberikan bonus dari seberapa banyak cucian yang di tanganinya.

Modal Usaha

Untuk mendirikan usaha laundry kecil-kecilan seperti ini modal yang di butuhkan tidak banyak. Di sini anda hanya butuh investasi sekitar Rp. 1,5 juta s/d Rp. 4 juta. Modal itu nantinya untuk membeli mesi cuci dan mesin pengering pakaian yang jumlahnya tergantung dari besarnya usaha. Usaha ini juga membutuhkan alat setrika listrik. Ada pun harga setrika itu sekitar Rp. 200 ribu s/d Rp. 400 ribu per buah. Peralatan penunjang lainnya adalah rak untuk penempatan pakaian yang sudah siap dikirim ke pelanggan. Untuk harga rak di taksir sekitar Rp. 500 ribu s/d Rp. 1 juta.

Perlu juga di perhitungkan biaya-biaya operasional lainnya seperti listik, air, sabun atau detergen pencuci, pewangi atau pelembutan pakaian, hanger, dan plastik untuk menjaga kebersihan hasil cucian. Bgi anda yang ingin membuka jasa laundry kiloan, wajib menyediakan timbangan.

Faktor Risiko

Beberapa resiko dari usaha ini yang perlu di antisipasi sebelumnya adalah sepewrti air atau listrik mati, menghilangnya pakaian, kurang bersihnya hasil cucian, dan masih banyak lagi. Kalau anda sebagai penyedia layanan jasa mampu meminimalisasikan semua risiko yang ada, maka sudah waktunya anda di sebut sebagai pengusaha kecil yang sukses.

Tips sukses usaha laundry :

  • Carilah lokasi yang strategis, seperti di lingkungan kampus, perkantoran, pasar, kos-kosan atau tempat keramaian lainnya.
  • Mempunyai formula khusus untuk menghilangkan noda pada kain atau pakaian.
  • Mengerjakan dengan tepat waktu sesuai dengan pesanan pelanggan.
  • Memperlakukan karyawan sebagai mitra kerja.
  • Harus bisa mengatur keuangan dengan sungguh-sungguh.
  • Agar usaha tetap berkembang, pembagian presentase antar karyawan harus wajar
  • Mempunyai perjanjian untuk menyelesaikan masalah jika ada pakaian pelanggan yang bermasalah, seperti rusak atau hilang.
  • Membuat pembukuan yang rapi dan jelas.
  • Membuat rekapitulasi dari setiap pemasukan per hari sesuai dengan jenis cucian apa saja yang banyak di cuci.
  • Lakukan promosi yang kreatif di mana pun anda berada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: